Di Banua Juga Ada Tempat Snorkeling yang Indah Lho, Batu Anjir Namanya - ayooha.com ! Portal Berita Banua Terkini

ayooha.com ! Portal Berita Banua Terkini

Rambut tebal & kuat tidak mudah rontok tanpa ke dokter‎

Di Banua Juga Ada Tempat Snorkeling yang Indah Lho, Batu Anjir Namanya

  • Selasa, 1 Agustus 2017 | 14:38
  • Dibaca : 312 kali
Di Banua Juga Ada Tempat Snorkeling yang Indah Lho, Batu Anjir Namanya
Batu Anjir merupakan salah satu gugusan karang yang ada di Kecamatan Angsana, Tanbu. foto merdeka.com

Tanahbumbu.merdeka.com – Batu Anjir, itulah namanya. Destinasi wisata alam yang menyediakan snorkeling ini terletak terletak pada 3° 48.670′ Lintang Selatan dan 115° 36.948′ Bujur Timur, dengan jarak kurang lebih 3,23 mil dari pesisir Pantai Angsana, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Koordinator Penyuluh Perikanan Tanbu, Eko Prio Raharjo, S. Pi mengatakan, Batu Anjir tergolong gugusan karang yang timbul pada saat air mengalami pasang surut terendah.  Berdasarkan informasi dan pengamatan di lapangan, diperkirakan Batu Anjir ini luasnya mencapai 6 ha.

“Asal nama Batu Anjir ini adalah pada saat air dalam kondisi akan surut, sebelum gugusan karang timbul akan terlihat seperti bayang – bayang warna merah di atas permukaan air. Hal ini menandakan adanya gugusan karang di sekitar itu. Peristiwa ini disebut atau dikenal dengan istilah anjir atau terlihat berwarna kemerah – merahan oleh masyarakat setempat, ” kata Eko, di Tanah Bumbu, Jum’at (23/9).

Menurutnya, wisata alam yang memiliki kedalaman kurang lebih 0 – 8 m, menjadikan  tempat tersebut layak untuk dikunjungi oleh wisatawan untuk melakukan snorkeling. Ada beberapa faktor yang mendukung Batu Anjir layak dijadikan tempat tujuan wisata, diantaranya letaknya yang agak ke tengah ( ±3,23 mil dari pantai ), menyebabkan kondisi perairan relatif lebih jernih, bila dibandingkan dengan  Karang Kima, yang letaknya agak ke tepi dari Batu Anjir ( ±2,0 mil dari pantai ), agak jauh dari muara Sungai Angsana.

Faktor lain yang sangat mendukung, saat air pasang surut terendah, Batu Anjir akan timbul ke permukaan air laut hingga daerah yang timbul menjadi pelindung dari gempuran ombak.  Batu Anjir juga memiliki kondisi terumbu karang bervariasi, dari yang kritis, hingga bagus sekali, dengan bermacam – macam jenis terumbu karang, baik yang berupa hard coral (karang keras), soft coral (karang lunak), sponge, anemon, nudibranch, makroalga, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Gak Perlu Jauh-Jauh Wisata ke Raja Ampat, Cukup Kunjungi Bukit Batas ini

Berdasarkan bentuk pertumbuhannya (life form), terdapat bermacam – macam bentuk seperti branching (bercabang), encrusting (merayap), foliose (bentuk daun), tabulate (bentuk meja), mushroom (bentuk jamur), dan digitata (menjari).

Selain itu, terdapat banyak jenis karang, diantaranya seperti Acropora, Montipora,  Pocillopora, Seriatopora, Favites, Porites, Goniopora, dan lain sebagainya.  Keanekaragaman kondisi terumbu karang yang ada, tentunya diiringi juga dengan banyaknya jumlah jenis dan spesies ikan yang hidup di dalamnya.

Adapun jenis ikan – ikan yang hidup di dalamnya antara lain Seranidae (grouper, kerapu), Lutjanidae (snappers, kakap), Lethrinidae (emperor, ketamba), Mullidae (goatfishes), Siganidae (beronang), Haemulidae (sweetlips), Sphyraenidae (Barracuda), Pomacentridae (betok laut), Pomchantidae (angel, napoleon) dan lain sebagainya.

Jika anda berniat ke Batu Anjir, maka anda harus menggunakan kapal nelayan agar bisa menuju ke sana, dengan memerlukan waktu sekitar 20 – 30 menit.

Selanjutnya, ketika sudah tiba di Batu Anjir, maka akan terlihat terlihat beberapa pelampung (buoy) di bagian atas rataan karangnya.  Hal ini dimaksudkan sebagai tanda tempat untuk mengaitkan jangkar kapal, hingga jangkar tidak terkena dan merusak terumbu karang.

Perlu diketahui, Batu Anjir merupakan salah satu gugusan karang yang ada di Kecamatan Angsana. Selain Batu Anjir, masih banyak gugusan karang yang belum terekspos, diantaranya Anak Karang Kima, Batu Tengah, Batu Bajangan, Batu Penggadungan, Batu Luar Penggadungan, Batu Pelampung, Batu Sawar, Batu Sampaian Ampat, Batu Penyaungan, Teraban Kecil dan lain sebagainya.

Nah, sudah tahu kan keindahannya?, Bagi anda pecinta wisata bahari, maka tak salah jika anda berkunjung ke Tanah Bumbu, dan meluangkan waktu untuk menikmati indahnya gugusan batu karang Batu Anjir. (K)

Laporan: Riyadi

sumber merdeka.com

Facebook Comments

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional