Beruntunglah Urang Banjar, Hampir di Semua Pelosok, Terpaut Rantai Nasab Guru Sekumpul - ayooha.com ! Portal Berita Banua Terkini

ayooha.com ! Portal Berita Banua Terkini

Beruntunglah Urang Banjar, Hampir di Semua Pelosok, Terpaut Rantai Nasab Guru Sekumpul

  • Jumat, 1 Februari 2019 | 02:51
  • Dibaca : 2514 kali
Beruntunglah Urang Banjar, Hampir di Semua Pelosok, Terpaut Rantai Nasab Guru Sekumpul
Abah Guru Sekumpul. foto istimewa

DICERITAKAN sewaktu Guru Sekumpul ra masih Balita, syaikhona sering disenandungkan atau ditimang-timang dengan kalimat-kalimat Tauhid oleh nenek Salbiyah rahmatulloh ‘alaiha.

Kenapa Nenek Salbiyah melakukan demikian,  karena menurut Guru Kapuh (KH Muhammad Ridwan Baseri Kandangan, salah satu murid Guru Sekumpul), dalam Manaqib Guru Sekumpul yang sering dibacakan di majelis Al Hidayah Kapuh Madani,  nenek Salbiyah ini mengetahui bahwa cucu beliau ini adalah seorang Waliyullah. Jadi beliau benar-benar menjaga, memelihara dan mendidik Guru Sekumpul sejak dari dalam kandungan hingga lahir dan besar.

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber yang sudah masyhur, utamanya dari buku karangan Abu Daudi, pengarang manaqib ulama-ulama asal Tanah Banjar, Alimul Allamah Asy Syekh Muhammad Zaini Ghani yang selagi kecil dipanggil dengan nama Qusyairi adalah anak dari perkawinan Abdul Ghani bin H Abdul Manaf dengan Hj Masliah binti H Mulya. Muhammad Zaini Ghani merupakan anak pertama, sedangkan adiknya bernama Hj Rahmah.Beliau dilahirkan di Tunggul Irang, Dalam Pagar, Martapura pada malam Rabu tanggal 27 Muharram 1361 H bertepatan dengan tanggal 11 Februari 1942 M.

Baca Juga :  Ketika Guru Sekumpul dan Kai Abbas Menyaksikan wanita Alami Kecelakaan, Terjadilah Dialog ini

Diceriterakan oleh Abu Daudi, Asy Syekh Muhammad Ghani sejak kecil selalu berada di samping ayah dan nenek Salbiyah. Kedua orang ini yang memelihara Qusyairi kecil. Sejak kecil keduanya menanamkan kedisiplinan dalam pendidikan. Keduanya juga menanamkan pendidikan tauhid dan akhlak serta belajar membaca Alquran. Karena itulah, Abu Daudi meyakini, guru pertama dari Alimul Allamah Asy Syekh Muhammad Zaini Ghani adalah ayah dan neneknya sendiri.

Siapakah gerangan nenek Salbiyah ini?…………. lanjutkan ke sebalah. 

Facebook Comments

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional