12 Karomah Abah Guru Sekumpul Yang Jarang Diketahui Umum - ayooha.com ! Portal Berita Banua Terkini

ayooha.com ! Portal Berita Banua Terkini

Rambut tebal & kuat tidak mudah rontok tanpa ke dokter‎

12 Karomah Abah Guru Sekumpul Yang Jarang Diketahui Umum

  • Sabtu, 12 Januari 2019 | 01:50
  • Dibaca : 4117 kali
12 Karomah Abah Guru Sekumpul Yang Jarang Diketahui Umum
Abah Guru Sekumpul & Guru Bangil. foto istimewa

MENURUT Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani dalam kitab “jami’u Karomatil Aulia” menyebutkan bahwa kata Al-Wali punya makna yang sama dengan Al-Qarib, yang berarti orang yang dekat.

Dalam khazanah tasawwuf, Wali adalah predikat atau pencapaian yang sangat tinggi dalam perjalanan manusia, bahkan tertinggi yang dapat dicapai manusia biasa menuju Allah SWT.

Derajat kewalian pada dasarnya tidak begitu saja diberikan, tetapi melalui perjalanan panjang menuju sang Kholiq. Buah dari taqwa dan taat yang dilakukan terus menerus. Dan untuk mencapai derajat itu orang harus melalui syari’at yang dijalani secara istiqamah, dilakukan dengan penuh penghayatan melalui tharekat, hingga menemukan kedalaman hakekat.

Imam Al-Qusyairi menyebutkan beberapa ciri-ciri seorang wali dalam kondisi kesadarannya, tidak sedang berasyik masyuk dengan Allah, antara lain :

1. Mengerahkan segala kemampuannya untuk memenuhi hak-hak Allah.
2. Menyebarkan kasih sayang kepada segala makhluk, tanpa ada rasa benci.
3. Konsisten menanggung penderitaan dan cobaan.
4. Sangat berkeinginan agar semua makhluk ini selamat.
5. Menghindarkan diri dari segala yang menyusahkan orang lain.

Jika kita melihat keseluruhan perjalanan hidup Abah Guru Sekumpul, maka nampaknya beliau telah memenuhi klasifikasi seperti itu. Beliau telah diyakini sebagai Waliyullah. Tapi benarkah beliau seorang wali ? hanya Allah dan para Wali-Nya yang tahu.

Baca Juga :  Detik-detik Terakhir Sebelum Ditabrak Kapal, Acil Ulun Tawassul Kehadirat Guru Sekumpul

Hanya saja kenyataan yang terlihat menunjukkan bahwa beliau mendapat pengakuan yang luas di kalangan Ulama sebagai Waliyullah. Sebenarnya sejak masa kecil, sudah ada tanda-tanda bahwa beliau akan menjadi orang besar. Bahkan ketika beliau masih dalam kandungan banyak hal aneh yang terjadi. Di antaranya ketika itu ibu beliau melihat cahaya seperti bulan purnama turun menuju ke pangkuannya. Saat mengandung tidak ada sedikit pun rasa berat, atau rasa sakit sampai beliau melahirkan. Ketika mengidam, jika ingin makan sesuatu, ibunda beliau selalu bermimpi di waktu malamnya makan buah itu, sehingga di pagi harinya sudah merasa puas.

Guru Sekumpul memang dikenal sejak kecil sebagai orang yang Mahfuzh, dijaga dari berbagai hal yang mengarah kepada kemaksiatan. Secara kasat mata, banyak kejadian yang menunjukkan hal itu.

Beliau pun selama hidupnya tidak pernah ihtilam yaitu mimpi basah, yang menunjukkan tibanya usia baligh. Baligh beliau hanya diketahui dengan usia.

Walhasil, sebagai seorang Wali, beliau dikaruniai karomah yang cukup banyak. Dan itu memang sudah menjadi rahasia umum, yang kesemuanya menunjukkan keabsahan maqam kewalian beliau. Di antara karomah beliau yang bisa disebutkan di sini antara lain:

Facebook Comments

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional