Ada "Nang Manyambati", Guru Sekumpul Langsung Bela Gus Dur - ayooha.com ! Portal Berita Banua Terkini

ayooha.com ! Portal Berita Banua Terkini

Rambut tebal & kuat tidak mudah rontok tanpa ke dokter‎

Ada “Nang Manyambati”, Guru Sekumpul Langsung Bela Gus Dur

  • Sabtu, 26 Januari 2019 | 02:41
  • Dibaca : 3026 kali
Ada “Nang Manyambati”, Guru Sekumpul Langsung Bela Gus Dur
Abah Guru Sekumpul menyambut kedatangan Gus Dur, selaku Presiden RI, di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Turut menjemput pula Al Mukarram Abah Anang Djazoly Semman. foto istimewa

TAHUN 1999. Politik Indonesia mengalami perubahan yang cepat dan dramatis seusai Pak Harto dimakzulkan. Tak dinyana, Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) diangkat menjadi presiden, lewat suatu kemelut politik yang rumit.

Gus Dur adalah penggemar silaturahmi. Ia bersilaturahmi ke mana dan ke siapa saja. Menjadi presiden tak menghalanginya untuk terus melanjutkan hobi silaturahminya tersebut. Tentu saja ulama selalu ada dalam daftar kunjungan silaturahmi Gus Dur. Dan di antara ulama itu tersebutlah nama Guru Sekumpul.

Pada hari Jum’at, 26 Mei tahun 2000 Gus Dur bersilaturahmi ke Martapura mengunjungi sahabatnya Shohibul Fadhillah Al-‘Allimul ‘Allamah Al-‘Arif Billaah Al-Bahrul Ulum Al-Waliy Qutb Al-Mukarram As-syaikh KH Muhammad Zaini bin Al-‘Arif Billaah H Abdul Ghoni Al-Banjari atau biasa dipanggil dengan sebutan “Abah Guru Sekumpul“. Selain itu Gus Dur juga berziarah ke makan Maulana Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari alias Datu Kalampayan.

Dalam pertemuan itu, Gus Dur menghadiahi Guru Sekumpul satu pak rokok bermerek Istana Presiden. Gus Dur tahu kalau Guru Sekumpul suka merokok. Menurut cerita, Guru Sekumpul menerimanya, tertawa sangat senang dan berterima kasih.

Seorang penulis, Muqarramah Sulaiman Kurdi, menggambarkan pertemuan keduanya “tampak sangat akrab dan penuh canda tawa. Keduanya seperti sahabat lama yang baru bisa berjumpa kembali pada saat itu.” 

Abah Guru sekumpul dan Gus Dur saat berada di kediaman pribadi, Sekumpul, Martapura. foto istimewa.

Menurut catatan, itu adalah pertemuan pertama Gus Dur dan Guru Sekumpul. Tapi dari arsip foto yang beredar luas, di mana Gus Dur maupun Guru Sekumpul mengenakan pakaian yang berbeda, setidaknya Gus Dur lebih dari sekali bertemu dan bersilaturahmi ke tempat Guru Sekumpul.

Baca Juga :  Amalan Abah Guru Sekumpul : Agar Anak jadi Sholeh dan jadi Wali

Bisa jadi sebelum dan sesudah 26 Mei 2000 di atas sudah pernah. Namun karena kunjungan di 26 Mei 2000 ini merupakan kunjungan tidak resmi Gus Dur sebagai presiden, maka inilah yang dicatat sebagai yang pertama dan diliput secara luas.

KENAPA GURU SEKUMPUL MEMBELA GUS DUR….  baca lanjutannya di sebelah.

Facebook Comments

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional